Rabu, 22 April 2015

MAHARAJA HARISCHANDRA (11):

MAHARAJA HARISCHANDRA (11):
Tetapi, Maharaja Harischandra masih tetap berkeinginan untuk mempersembahkan sekadar minuman dan buah kepada Maharesi. Dengan hati yang tetap bersih suci, tanpa ganjalan sedikit pun, raja Harischandra berkata dengan tenang, “Duhai maharesi yang hamba hormati…, maafkanlah hamba anda yang bodoh ini. Tanpa sengaja hamba telah berbuat kesalahan kepada anda. Jikalau Anda berkenan menerima minuman dan buah….”
“Tidak…!!” Kata Maharesi dengan nada tinggi.
“Harischandra..., kau jangan mengigau lagi. Kerajaan telah kau berikan seluruhnya kepadaku. Kau tidak berhak menganggap dirimu sebagai pemberi makanan kepadaku. Sekarang, pergilah kamu dari kerajaan ini…”
Mendengar bentakan Maharesi seperti itu, Raja Harischandra menundukkan kepala menyembah, dan bersiap-siap meninggalkan istana bersama anak dan permaisuri. Begitu Harischandra melangkahkan kaki hendak keluar dari kerajaan, Maharesi Vishwamitra kemballi memanggilnya. Para penduduk hatinya merasa lega. Semua mencakupkan tangan sambil berkomat-kamit memuji Tuhan,“Narayana….Narayana….., syukurlah…, Maharesi hanya bercanda …” (11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar