Selasa, 30 Juni 2015

sesayut durmangala

“Tebasan Durmengala”.
            Sebagai alasannya adalah “kulit sesayut”, kemudian diisi sebuah “tumpeng” yang disisipi” “berambang”, jae dan terasi yang merah sertamentah. Mengenai “tumpengnya” ini ada lontar yang menyebutkan berwarna hitam dan putih tetapi ada pula yang menyebutkan putih.
Kemudian dilengkapi dengan lauk-pauk, ikannya “telur bekasem (telur asin), “rujak” 1 takir, kacang 3 “tangkih”, jajan, buah-buahan masing-masing jenis 5 biji/iris “sampian nagasari” “pescian/pengeresikan”, penyeneng”, “canang genten/”burat wangi”/sari”, “Lis” (dari janur kelapa hijau) “padma”dan sebuah “daksina” yang berisi benang satu “tukel”, wang 225 dan lain-lain selengkapnya. (untuk demikian pula “duwegannya” adalah “kelungah” kelapa hijau yang di “kasturi”).
Penggunaannya:
Upakara ini dapat dipergunakan kalau ada kerusakan yang besar atau perbaikan yang agak besr, terjadi kelainan-kelainan di rumah atau tempat suci, (terjadi ke “durmengala”an seperti “pura” terbakar, dihanyutkan oleh air, dirubuhkan oleh angin, ditimpa pohon-pohonan, ada “lulut”/ meenyertai upakara “Bhuta-yadnya” yang agak besar.
“Mantra Tebasan Durmenggala”.
Pkulun Sang Kala Purwa, sang Kala sakti, Sang Kala Brajamuka, sang Kala Ngulaleng, Sang Kala Suksma aja sira pati panyinga aja sira pati paprotongi iti tadah sajinira, penek lawan bawang, jae mwang terasi bang, iwak antig, jinah satak lima likur, lawe satukel, manawi kurang tadahan nira, aywasira usil silih gawe, tukunen sira ring pasar-agung, iki jinah satak lima likur, lawe satukel, wehenta, senak raninnira mwang putunnira, ndah sira lungha amarah desa, aja maring kene, den pada siddhir astu. OM. Kala bhyo bhokte hama svaha.
“Prayascita” dan “tebasan Durmenggala” pelaksanaannya b ersama. Cuma “banten” “tebasan durmengala” terlebih dahulu di “ayabkan”, baru kemudian “prayascita”









2 komentar: