Minggu, 28 Juni 2015

Veda adalah pengetahuan

 http://samskrta.ning-host.com/veda/
veda berarti pengetahuan. Ia merupakan peninggalan pengetahuan tertua di dunia bagi umat manusia. veda ada dalam jumlah banyak bahkan ada beribu-ribu jumlahnya. Yang kita terima sekarang adalah veda yang dihimpun atau dikodifikasi menjadi empat bagian oleh mahaRShi vyaasa. Di samping dibagi empat secara tegak (menjadi Rg, Yajus, saama, dan atharva veda), veda juga dibagi empat secara menyamping menjadi empat tingkatan (saMhita, braahmaNa, aaraNyaka, dan upaniShad) yang merupakan tingkatan anak tangga dari dvaita (dualitas), vishiShTaadvaita (non dualitas yang bersifat atau terbatas), hingga advaita (non dualitas).



Namun para ahli manca negara yang berkumpul di Universitas Houston (UofH) Texas, di Amerika Serikat pada tanggal 8-10 Juli 2006 menyimpulkan lain. Saat itu diadakan konferensi dua tahunan WAVES (World Association of Vedic Studies, Asosiasi Dunia tentang Pembelajaran Veda) yang ke enam, dengan tema Pendapat veda untuk Keharmonisan Dunia Serta Kedamaian Dalam Konteks Masa Kini




para penulis Barat dan Eropa sentris menyebutkan bahwa isi veda mengalami perubahan atau evolusi terus menerus sehingga ia tidak murni lagi. Dan tampaknya masih banyak di antara kita yang memiliki pandangan yang seperti itu.
Namun lagi-lagi hal seperti itu tidak berdasar. veda memiliki di dalam dirinya mekanisme untuk melindungi dirinya sendiri dari perubahan. Sedemikian telitinya mekanisme tersebut sehingga ia bisa mengembalikan kalimat, kata, atau suku kata yang hilang ketempatnya semula. Lebih tepatnya, mekanisme tersebut tidak akan membiarkan berubahnya veda, bahkan meskipun hanya setengah suku kata.



Untuk mengetahui mekanisme penjaga kemurnian veda tersebut, ikuti veda Selalu Murni.

Teknik-teknik Untuk Melindungi Kemurnian veda

 http://samskrta.ning-host.com/veda/selalu_murni/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar