Jumat, 17 Juli 2015

TAKDIR VS HUKUM SEBAB AKIBAT ? HIDUP SEKALI VS BERKALI-KALI?


 copas
TAKDIR VS HUKUM SEBAB AKIBAT ? HIDUP SEKALI VS BERKALI-KALI?
Slim ; PAgi Sindu ….
Sindu ; eh,,pagi juga. Pagi2 dah dapat tamu special lagi.
Kris : biasa kita masih penasaran dengan perbincangan kemarin. Si Slim katanya gak bisa tidur malah,,,,dulu dia mikir tujuan terakhir adalah surga surga surga,,,,eh sekarang mulai memikirkan moksa…udah mulai kena racun si Sindu dia,,,,
Sindu : memikirkan moksa boleh,,,asal jangan maksa,,,,he he he he,,,,,perlu perenungan yang mendalam kawan.
Slim : kok banyak ada kertas kecil-kecil bro ? OOOhh semuanya berisi tulisan ya ??? hmmmmm,,,,,ada Tulisan kemarahan, ketamakan, iri hati, malas, kebimbangan, kesedihan, kecemasan, ketakutan, dendam, dll ….untuk apa kamu menulis semua ini ?
Sindu : He he he….Kemarin kan hari pengejukan, pengejukan bisa di artikan mengikat, Jadi yang aku ikat adalah hal-hal buruk yang ada dalam diriku. Tadi malam aku letakan semua tulisan ini di bawah pantatku. biar mirip seperti lukisan Dewa Siwa yang menduduki harimau. Artinya beliau sudah mampu menundukan sang Ego.
Slim : Trus di hari penampahan ini, kamu apakan tulisannya semua ?
Sindu : Aku bikin api suci dulu, dan aku bakar satu persatu…,
Slim : Tujuannya?
Sindu : Ya harapanku biar bisa menang melawan hal-hal negative dalam diriku sendiri. Karena hari Galungan adalah hari kemenangan sang diri melawan ketidak benaran yang ada dalam sang diri juga. Ini ritualnya bro….kalau prakteknya setiap hari, harus ditumpas dengan senjata yang bernama ilmu pengetahuan.
Kris : Bukannya makna pengejukan dan penampahan artinya tangkap babi dan menyembelih babi bro ?
Sindu : he he he he …makna utamanya adalah seperti yang aku bilang itu, ritualnya adalah potong Babi. Kalau bisa memtong lehernya babi kecil sampai putus. Karena babi adalah symbol dari kemalasan, ketamakan, nafsu dll. Bukan Babi hutan lho ya.
Slim : ha ha ha ha ha ,,,,,apa gue bilang babi itu haram bro,,,,,itu memang tidak layak untuk dimakan…. Keren kan aturan dalam agama gue.
Kris : tapi itukan daging terenak di dunia ? masak gak boleh dimakan ? kalau itu memang jelek, harusnya setiap orang makan daging itu keracunan atau berumur pendek. Faktanya orang-orang baik –baik saja.
Sindu : Yah,,,apapun yang berlebih pasti buruk jadinya. Begitu juga kalau santap daging kambing. Kolesterol dijamin naik bro. Apapun yang diciptakan oleh Tuhan pasti ada tujuannya. Dalam keyakinanku Tuhan tidak pernah memandang mahluknya sendiri adalah sebuah kegagalan produk. Semua yang tercipta di dunia ini pasti ada guna dan manfaat. Apa manfaat dari Babi, tanya aja Mbah Google,,,,disana banyak dijelaskan. Ketimbang kita sibuk mencari kejelekan ciptaan Tuhan, mending kita cari manfaatnya.
Kris : jangan- jangan saking enaknya tuh daging, orang-orang di tanah kering sampai-sampai melakukan pertikaian gara-gara memperebutkan daging super enak tersebut ??? ….. agar tak terjadi pertikaian itu, sang pemimpin yang bijaksana menjelaskan kalau daging itu haram,,,,,,ha ha ha ha ,,,masuk akal gak bro ???
Slim : walah,,,,keluar lagi nih ilmu cocok loginya,,,,
Sindu : he he he he,,,,kalau gitu kita gak usah bahas tentang Babi.
Kris : ngomong-ngomong, kenapa babi ini yang terpilih di bunuh ya? maksudku, babi yang kita santap kemarin itu lho, kenapa gak babi yang itu atau yang itu? kan banyak kau punya babi Ndu ?
Slim: lho kok ngomongin babi lagi. Najis tau,,,,mungkin maksud si Kris begini, kenapa kita lahir bisa berbeda-beda jalan hidupnya ? ada yang ganteng/cantik ada yang buruk dan cacat. Ada yang hidupnya berkelimpahan harta, ada juga yang miskin menderita seumur hidupnya. Ada yang selamat sampai tua, ada yang mati muda, Apa yang menyebabkan itu ?
Sindu : menurut kalian sendiri apa penyebabnya?
Kris : menurut aku sih takdir
Slim : Menurutku juga takdir.
Sindu : Yang menentukan takdir ?
Slim : Tuhan bro,,,,Tuhan dah ngatur segalanya ketika manusia atau mahluk itu belum tercipta di dunia ini. Jadi jalan hidup kita udah di tulis oleh Tuhan sebelumnya.
Sindu : Apakah tulisan Tuhan tentang jalan hidup itu menyangkut juga kegiatan-kegiatan kecil kita seperti potong kuku, menyapu, membersihkan tai hidung, bab, kencing , menulis dls ? Hp ku kemarin sempat mati, ternyata aku lupa colokin, apakah itu juga Tuhan yang mengatur ? Termasuk kemarin, karena saking enaknya daging babi, si Kris banyak makan dan dia mual-mual. Apakah itu juga diatur oleh Tuhan.
Kris : Ssssstttt,,,jangan bilang-bilang bro kalau aku itu sampai mual-mual. Nah lho,,,,,mulai bingung nih kita,,,,,biasanya sih orang bilang kalau jodoh di tangan Tuhan, tapi kalau dah cerai, itu kehendak pasangan,,,,,xi,,xi,,,xi,,xi,,,,,Kalau dapat rejeki itu dari Tuhan, kalau ketahuan nyolong sandal di tempat suci, itu bujukan setan,,,,,,,xi,,xi,,xi,,,,ternyata ada pihak lain juga yang ikut mengatur kehidupan kita yaitu si setan,,,,,,yang jadi masalah si setan bisa masuk ke tempat suci,,,,xi,,,xi,,xi,,xi,,,,
Slim : ah kau,,,,selalu nyindir aku,,,,,karena sandal yang hilang paling banyak di tempat suciku,,,,sampai dibuatkan iklan lagi,,,,,,,,wakakakakkakakkakak.
Sindu : kalau semua sudah tertulis dari sononya, ngapain kalian kerja “pergi pagi pulang pagi “ “hanya untuk mencari rejeki “ ? harusnya santai aja, kan udah diatur.
Slim : Beh,,,si Sindu penggemar Armada Band. Ngomongnya sambil nyanyi,,,,nah itulah bro,,,katanya Tuhan gak mau mengubah nasib kita kalau kita sendiri tidak mau mengubah nasib diri kita sendiri.
Sindu : Trus tulisan yang katanya udah di tulis Tuhan dari sononya itu untuk apa ???
Kris : iya ya,,,,,untuk apa coba ? mikirrrr.
Slim : kamu juga mikir dong,,,,
Kris : awas botak, biarin si Sindu aja yang botak,,,wakakakkakakak,,,,
Sindu : kalian hidup di Negara ini diatur oleh apa ? bukankah Negara ini mengatur kehidupan masyarakatnya dengan hukum ? Jika kalian berbuat baik dan berjasa pada Negara, itupun kalau Negara tau, kalian dapat tanda jasa atau penghargaan. Sebaliknya jika kalian berbuat jahat dan merugikan orang lain, itupun kalau Negara tau, kamu akan di hukum.
Slim : kalau Negara tak tau aku berbuat jahat???
Sindu : ya kamu bisa bebas …..
Slim : horeeeeee……
Sindu : horeeee apanya???? kamu bisa terbebas dari hukum Negara, tapi kamu tidak bisa bebas dari hukum sebab akibat atau dalam agamaku disebut dengan Karma Phala. Apapun yang kamu lakukan hukum ini mencatat secara detail, karena tindakan akan menghasilkan hasil. Orang sains menyebut hukum ini sebagai hukum aksi-reaksi. Kalau Negara mengatur dengan hukum, begitu juga Tuhan dalam keyakinanku mengatur kehidupan ini dengan hukum. Hukum Karma Phala adalah hukum teradil di alam semesta. Hukum ini tidak memandang jabatan seseorang, agama, suku , ras dan setiap mahluk hidup tak luput dari hukum ini.
Kris : apakah orang yang kentut juga di atur hukum ini ?
Sindu : kalau kamu tentut sembarangan, jelas orang tidak akan suka pada kamu.
Slim : apa hubungannya hukum ini dengan perbedaan kelahiran dan jalan hidup tiap manusia ?
Sindu : aku akan kasi 2 contoh kasus. Pertama ; Ada seorang ibu yang baik hati terlahir dari keluarga miskin. Ia menderita banyak hal dari kecil. Ketika ia dewasa, ia mendapatkan pasangan seorang prajurit Negara. Walaupun bersuamikan seorang prajurit, kehidupan nya belum juga lepas dari kemiskinan dan penderitaan. Kemudian ia dikaruniai 3 orang anak. Karena tugas sang suami di kota Aceh, ibu ini dan beserta anak-anaknya ikut berpindah tempat tinggal. Musibahpun datang…bencana Tsunami melanda kota tersebut. Dan Ibu ini kehilangan seluruh anggota keluarganya. Tinggalah ia sebatang kara dengan kondisi sakit-sakitan. Pertanyaannya , apakah Tuhan sekejam itu menciptakan jalan hidup atau takdir mahluknya ? Kenapa Tuhan memberikan jalan hidup yang begitu tragis pada ibu itu ?
Slim : Yah,,,karena Tuhan kan sedang menguji keimanan dan ketaqwaan si ibu itu. Dunia ini kan tempat ujian.
Sindu : Apakah seberat itu ujiannya ? kenapa manusia yang lain gak seberat itu ujiannya ? Jika Tuhan adalah maha tau, kenapa butuh nguji mahluknya dulu ? bukankah menurut keyakinanmu Tuhan sudah menuliskan jalan hidup sebelumnya ?
Kris : Bagi ibu itu sih boleh dibilang dapat ujian, tapi bagi suami ibu itu beserta anak2nya yang meninggal gimana ? apa bisa orang yang meninggal dibilang dapat cobaan ?
Sindu : Dalam keyakinanku di Hindu, tidak ada istilah mendapatkan cobaan. Siapa yang mencoba ? apakah Tuhan atau setan ? Kalau Tuhan yang mencoba, bukankah beliau adalah maha tau, kenapa musti mencoba lagi baru beliau tau ??? kalau setan diberikan mencoba, berarti Tuhan melakukan pembiaran. Pembiaran adalah kejahatan serius. Menurutku yang ada adalah hukum sebab akibat itu yang sedang berjalan. Siapa kita hari ini di tentukan oleh apa tindakan kita di kehidupan sebelumnya dan juga apa yang sudah kita lakukan hari ini. Sri Krisna yang berwujud manusia dan para nabi pun rasanya tidak lepas dari Hukum ini. Karena beliau-beliau ini dalam cerita meninggal dalam keadaan yang tidak wajar.
Slim : seperti aku hari ini, hidupku belum juga mapan dan umurku makin tua, tapi belum juga dapat jodoh,,,, hik. hik.,,,
Kris : he he he,,,,,kalau mendengar penjelasan si Sindu, bisa aja kamu Slim hidupmu dulu muda foya-foya, tua kaya raya dan beristri banyak, sampai-sampai tetanggamu gak dapat istri, karena kamu rebut calon istrinya orang,,,,,terima deh sekarang spt ini,,,,,wakakkakakkak
Slim : ngenyek,,, ngenyek,,,,, seneng,,,,seneng,,,lihat teman susah,,,,,,,Trus apa bukti aku pernah hidup sebelumnya Ndu?
Sindu : aku tidak menjawab itu hari ini, kita focus dulu tentang kenapa timbul perbedaan jalan hidup seseorang. contoh kasus ke 2 : Seseorang anak bernama Japlak terlahir di keluarga penjahat. Dari kecil ia mendapatkan pendidikan tentang berbuat kejahatan. Tak satupun ada orang yang mau menarik ia kejalan yang benar. Ketika ia beranjak dewasa, ia menjadi penjahat kelas kakap. Namun disayang, Si Japlak tewas terkena timah panasnya polisi ketika sedang transaksi narkoba. Pertanyaannya , kenapa Tuhan menempatkan kelahiran si Japlak pada orang tua penjahat ? lalu kenapa tidak ada yang menarik si Japlak untuk keluar dari dunia hitam tersebut ? Sejahat itukah Tuhan menempatkan mahluknya ? Jika hidup ini hanya sekali, berarti bisa dipastikan si Japlak akan masuk neraka abadi. Dimanakah letak Tuhan sebagai maha pengampun jika memang hidup hanya sekali dan si Japlak akhirnya terlahir sebagai penghuni neraka abadi ??????????????
Kris : Aku pusing pala berbie.,,,,pusing pala berbie,,,,,ooooo,,,,,pusing pala berbie ,,,pala berbie,,,ooooooo
Slim : habis si Japlak mengikuti bujuk rayu setan sih,,,,,,,
Sindu : apakah yang menempatkan kelahiran si Japlak di keluarga penjahat adalah setan ? Ada orang yang terlahir sebagai orang cacat. Kenapa ia terpilih jadi orang cacat, kenapa bukan kamu slim ????
Slim : Syukur bukan aku,,,,mungkin aku dulunya hidup lebih baik ketimbang orang yang cacat,,,,
Kris : nah lho,,,,,kamu udah mulai percaya kalau hidup ini berulang-ulang,,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar